Semua ILmu Numpuk di Sini

Blog ini adalah tempat berbagai ilmu di bidang ilmu apa pun, my blog will update every day , if i don't busy^^

Metode Stop motion bikin video lebih menarik ( tutorial )

                                                       Cara Membuat Stop Motion Movie
Ini sebenernya agak menyimpang dari Photoshop, tapi gak-apa-apa lah.. hanya sekedar pengetahuan aja..
Stop motion movie adalah Video yang dibuat dengan potongan-potongan gambar yang saling berhubungan satu sama lain nya..





Film diatas dibuat dengan potongan-potongan gambar yang nanti akan saya kasih..
Untuk membuatnya dibutuhkan alat-alat :
  • Kamera
    Kamera saku gak apa-apa.. yang saya pake untuk membuat film diatas pake kamera saku kok.. Kamera SLR lebih bagus lagi.. tapi jangan maksain.. kecuali emang niat untuk bikin film. hehehe..
  • Tripod
    Ini fungsinya untuk menyangga aja biar kamera nya diem dan tetap di posisi bidik. Saya gak pake Tripod.. tapi pake manual yaitu kardus bekas sepatu.. hehehe.. jadi hasinya masih agak goyang-goyang.. Inti nya.. yang penting kamera tetap posisi bidik nya.
  • Objek
    Saya gunakan mobil-mobilan TRANSFORMERS punya anak saya.. itu juga gak gitu bagus.. jadi keliatan masih kaku proses transform menjadi robotnya. . kalo ada modal sih enaknya beli mainan transformer yang bagus sekalian biar gerakannya bisa alami.
  • Komputer
    Ini harus!  karena kita perlu mengolah foto-foto nya menjadi film. Lagi-lagi Saya gunakan software seadanya yang ada di komputer yaitu Windows Movie Maker ( hanya ada di windows XP Ke atas ).. Sebenernya banyak sekali software pengolah film yang bagus-bagus.. tapi untuk ini saya cukup butuh si windows Movie Maker aja.. Pake Photoshop bisa juga dengan system Layer. tapi itu butuh Layer yang banyak.. jadi lebih baik jangan pake photoshop..
  • CD/DVD Burning Software
    Software untuk burning ke CD / DVD  supaya bisa diliat di TV pake DVD player atau CD player. Saya pake NERO EXPRESS..

Sekarang kita menuju cara pembuatannya..
Pasang Kamera trus foto mobil pada posisi awal, gerakan mobil perlahan dengan mengikuti alur cerita .. trus foto lagi.. gerakan lagi.. foto lagi.. gitu aja seterusnya sampe kita dapat banyak posisi mobil dan beberapa angle. Saya kasih semua gambar untuk pembuatan film “Transformers” mainan diatas. jadi gak usah motret lagi.
Kalo udah dapet semua gambar.. sekarang kita edit pake Windows Movie maker..
Buka Windows movie maker yang letaknya di START > Programs >  di windows XP atau VIsta.
Import seluruh gambar di windows movie maker
cara import
Select semua files foto yang udah disiapkan..
select pic
Klik OK.
Klik Tool > Option di windows movie maker..  Klik Advanced .. ubah Picture duration menjadi yang angka terkecil.. ini tujuannya biar nanti gak ada Jeda.
ubah Picture duration
Sekarang Drag Semua Gambar di jendela movie maker ke video Time Line Bar.. Pake Story board juga gak apa-apa..
Secara otomatis gambar udah terbentuk sendiri berdasar urutan file di Timeline Bar.

 Sekarang coba di Play.. Kalo mau tambah musik..  Import dulu musiknya ke windows movoe maker. trus drag ke bagian musik bar di bawah timeline.  atur deh panjang pendek nya musik..
Kalo dirasa udah beres semua.. Save.. ke WMV.

ini ada contoh-contoh yang udah jadi nya :






1 komentar:

hmmm artikelnya bagus, saya uga lagi belajar bwat vedio, saya pkek movie maker low blajar bwat vedio, mw nanyak nei klo d windows 7 kan dah ad burn nya toe apa boleh pkek itu aj gk sah pkek nero express lagi boleh gk ?

 

Post a Comment

Popular Posts